Rabu, 09 Januari 2013

prosedur penelitian


Nama  : Hardi                                                                                    M. K   : Metode Penelitian
NIM    : F01110023
“Prosedur Penelitian”
ü  Memilih Masalah
Memilih masalah untuk diteliti merupakan tahap yang penting dalam melakukan penelitian, karena pada hakikatnya seluruh proses penelitian yang dijalankan adalah untuk menjawab pertanyaan yang sudah ditentukan sebelumnya. Memilih masalah juga merupakan hal yang tidak mudah karena tidak adanya panduan yang baku. Sekalipun demikian dengan latihan dan kepekaan ilmiah, pemilihan masalah yang tepat dapat dilakukan. masalah dapat diperoleh dari kehidupan sehari- hari karena menjumpai hal- hal yang aneh atau didorong keinginan meningkatkan hasil kerja, selain itu masalah dapat  diperoleh dari membaca buku atau dari orang lain.

ü  Studi Pendahuluan
Prof. Dr. Winarno Surakhmad menyebutkan tentang studi pendahuluan ini dengan eksploratoris dengan dua langkah, dan perbedaan antara langkah pertama dengan langkah kedua adalah penemuan dan pengalaman. Memilih masalah adalah mendalami masalah itu,sehingga harus dilaksanakan secara sistematis dan intensif. Dengan telah mengadakan studi pendahuluan, maka boleh jadi dapat dihemat banyak tenaga dan biaya, di samping bagi calon peneliti tersebut menjadi lebih terbuka matanya, menjadi lebih jelas permasalahannya.

ü  Merumuskan Masalah
Perumusan masalah dapat dilakukan dengan cara merumuskan judul selengkapnya. Tetapi meskipun masalah sudah dituangkan dalam bentuk judul, pembaca menafsirkan dengan arti yang berbeda. Apabila peneliti menjelaskan semuanya dalam satu rumusan judul penelitian, maka akan terjelma sebuah judul yang panjang.Sebelum seorang peneliti memulai kegiatannya dalam meneliti, harus membuat rancangan terlebih dahulu. Rancangan tersebut diberi nama desain penelitian atau proposal penelitian.

ü  Merumuskan Anggapan Dasar
Anggapan dasar adalah suatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang akan berfungsi sebagai hal-hal yang dipakai untuk tempat berpijak bagi peneliti di dalam melaksanakan penelitiannya.

ü  Hipotesis
Merupakan kebenaran sementara yang ditentukan oleh peneliti, tetapi harus masih dibuktikan, dites, atau diuji kebenarannya.

ü  Memilih pendekatan
Merupakan metode atau cara mengadakan penelitian seperti halnya eksperimen atau non-eksperimen.

ü  Variabel dan sumber data
Langkah ini menjawab: apa yang akan diteliti? Dan dari mana data diperoleh? Kedua hal ini harus diidentifikasikan secara elas agar dengan tepat dapat menentukan alat apa yang akan digunakan untuk mengumpulkan datanya.
ü  Menentukan dan menyusun instrument
Adalah menentukan dengan apa data akan dikumpulkan. Instrumen ini sangat tergantung dari jenis data atau dari mana diperoleh.
ü  Mengumpulkan data
Merupakan pekerjaan yang sukar, karena apabila diperleh data yang salah, tentu saja kesimpulannya salah juga, dan hasil penelitiannya menjadi palsu.
ü  Analisis data
Membutuhkan ketekunan dan pengertian terhadap jenis data. Jenis data akan menuntut teknik analisis data.
ü  Menarik kesimpulan
Peneliti mengambil konklusi dari hasil pengolahan data, dicocokkan dengan hipotesis yang telah dirumuskan, sesuaikah data yang terkumpul dengan hipotesis atau dugaan sementara peneliti sebelumnya? Disinilah peneliti dapat merasa lega karena hipotesis terbukti, atau sebaliknya.
ü  Menyusun laporan
Kegiatan penelitian menuntut agar hasilnya disusun, ditulis dalam bentuk laporan penelitian agar hasilnya dketahui orang lain, serta prosedurnya pun diketahui orang lain pula sehingga dapat mengecek kebenaran pekerjaan penelitian tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar