RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
Identitas Mata
Pelajaran
Satuan
pendidikan : SMP…………………...
Kelas :
VII
Semester :
I
Program/prog. Keahlian: -
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Jumlah pertemuan : 1 kali
II.
Standar Kompetensi:
3.
Memahami usaha
manusia memenuhi kebutuhan
III.
Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
dalam memenuhi kebutuhan (dapat menemukan bahwa manusia adalah makhluk
sosial dan ekonomi yang dalam memenuhi kebutuhannya selalu berhubungan dengan
manusia lainnya dan karena itu harus menjaga prinsip-prinsip moral) .
IV.
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
1.
Mengelompokkan
bermacam-macam kegiatan orang
2.
Menyebutkan alasan-alasan orang melakukan kegiatan
3.
Membedakan antara kegiatan sosial dan ekonomi
4.
Menjelaskan
faktor yang berpengaruh pada jenis pekerjaan
seseorang
V.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Setelah mengamati gambar, peserta didik dapat mengelompokkan
bermacam-macam kegiatan orang
2.
Setelah melakukan diskusi, peserta didik dapat menyebutkanalasan-alasan orang melakukan kegiatan
3.
Setelah melakukan diskusi, peserta didik
dapat membedakanantara kegiatan sosial dan
kegiatan ekonomi
4.
Setelah melakukan
diskusi,
peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor
yang berpengaruh pada jenis pekerjaan seseorang.
Dampak Pengiring:
Setelah
mempelajari bermacam-macam kegiatan orang, alas an orang melakukan kegiatan,
membedakan antara kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi, serta faktor-faktor
yang berpengaruh pada jenis pekerjaan diharapkan meningkatnya sikap sosial, dan
empati.
VI.
Materi Ajar : (Uraian Lengkap Terlampir)
1.
Mengelompokkan
bermacam-macam kegiatan orang
2.
Alasan-alasan orang
melakukan kegiatan
3.
Perbedaan antara kegiatan sosial dan
kegiatan ekonomi
4.
Faktor-faktor yang berpengaruh pada jenis pekerjaan
seseorang.
VII.
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
VIII. Metode dan Media
Pembelajaran
a.
Metode
pembelajaran
Metode diskusi
terpimpin (guided discovery).
b.
Media
pembelajaran:
Media gambar
IX.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
pendahuluan (10 menit)
1.
Mengucapkan salam
2.
Berdo’a
3.
Memeriksa kehadiran
siswa
4. Apersepsi: mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari. Misalnya mengajukan pertanyaan-pertanyaan Catat disini apa pertanyaannya.
5.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapaai
6.
Memotivasi siswa
Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Eksplorasi
(.......menit)
1)
Melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan melakukan pencarian informasi dari berbagai sumber belajar.
2)
siswa diminta
pendidik untuk mengamati gambar dan meminta mereka mencatat bermacam kegiatan
orang di dalam gambar tersebut.
3)
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar serta
media yang disediakan guru
b.
Elaborasi (........menit)
1)
Guru meminta
peserta didik membaca dan menulis inti sari dari hasil temuannya dalam membaca
buku dan pengamatan gambar
2)
Memfasilitasi
peserta didik melakukan diskusi: (ini
jika kita metode diskusi).
a)
Membentuk
kelompok
b)
Membagikan
permasalahan yang akan didiskusikan
c)
Meminta
siswa melakukan diskusi kelompok
d)
Melakukan
monitoring pelaksanaan diskusi kelompok
3)
Memberi kesempatan
untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa
takut
4)
Memfasilitasi
peserta didik mebuat laporan.
5)
Memfasilitasi
peserta didik menyajikan hasil kerja kelompok
c.
Konfirmasi (........menit)
1)
Memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan(verbal), tulisan, dan nonverbal.
2)
Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan
3)
Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakana dalam mencapai
kompetensi dasar:
a)
Guru
berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertnyaan peserta
didik yang menghadapi kesulitan
b)
Guru
membantu menyelesaikan masalah
c)
Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
d)
Memberi motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
Kegiatan penutup
(10 menit)
a.
Bersama-sama dengan
peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran
b.
Melukukan penilaian
c.
Memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.
Merencanaakan
kegiatan tindak lanjut: memberikan tugas individual kepada siswa.
X.
Penilaian hasil belajar
Tehnik penilaian :
1.penilaian proses
2.penilaian hasil
Jenis Tes :
Tertulis
Bentuk tes :
uraian
Butir-butir tes :
terlampir
Kunci jawaban dan pedoman penskoran : terlampir
XI.
Sumber Pembelajaran
Sutarto, dkk. (2008). Buku IPS untuk SMP/Mts kelas VII karangan Sutarto dkk,
Jakarta : Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas.
Pontianak, ......................
Mengetahui: Guru
Mata Pelajaran,
Kepala sekolah,
(....................................) (....................................)
METODE
PENELITIAN SOSIAL (MPS)
Penelitian
(research)
1. Riset
sosial pada hakikatnya Spionase. Untuk mencari atau memata-matai dan menemukan
pengetahuan dari lapangan yang dpat dipertanggungjawabkan menuru tkaedah
tertentu. Harus dilakukan menurut metode tertentu agar gejala yang diteliti dan
data yang diperoleh benar-benar cermat. Berketerandalan (Reliable) dan Shahih
(Valid).
2. Metode
adalah suatu cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu Ysb. Ilmu sosial perlu
metode karena fakta sosial harus dipahami, diamati, dengan fakta-fakta lain
yang relefan, agar bermakna.
Metode penelitian
sosial.
1. MPS
adalah pelajaran tentang masyarakat yang bersifat empiris dengan mempergunakan
prosedur dan metode yang bersifat ilmiah
2. MPS
adalah suatu ilmu yang melakukan kegiatan pengumpulan, penguraian, pengelolaan
dan penyajian data yang dilakukan secara berencana dan teratur, untuk
memecahkan suatu masalah sosial.
3. Memecahkan
masalah berarti berupaya mencari soslusi terhadap masalah yang menjadi
pertanyaan masyarakat.
Ciri-ciri berfikir
ilmiah
1. Sistematik
merupakan ilmu yang dilihat sebagai suatu system yang utuh.
2. Relatif
merupakan kebenaran ilmiah, tidaklah absolute (mutlak).
3. Koheren
merupakan dengan pengertian runtut.
4. Heuristik,
terbuka, siap untuk di uji.
5. Kausal,
saling berhubungan dan sebagai penyebab.
6. Netral,
atau tidak emosional, karena harus bebas nilai.
Bentuk-bentuk berfikir
ilmiah
1. Proses
berfikir adalah, proses makro yang sangat luas dan kompleks, baik dengan
mempergunakan akal murni dan akal praktis.
2. Pola
umum berfikir ada 4 :
a. Diskusi,
suatu proses berfikir mempergunakan premis-premis khusus.
b. Induksi,
proses berfikir dengan mempergunakan premis-premis khusus kemudian menuju
permis umum.
c. Analogis,
adalah proses berfikir yang dilakukan pada seorang yang maenyatakan bahwa dunia
terdapat hal-hal yang memiliki sifat kemiripan satu sama lain (similarity).
d. Comparatif
atau proses berfikir yang dilakukan seorang dimana segala pengalamannya dibandingkan
dengan pengalaman sebelumnya.
Sumber masalah
1. Masalah
diketahui dari :
a. Penyimpangan
= pengalaman dengan kenyataan
b. Penyimpangan
= apa yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan
c. Ada
pengaduan (masalah pelayanan)
d. Ada
kompetisi (masalah pelayanan, komunikasi)
2. Sumber
masalah
a. Membaca
laporan penelitian
b. Diskusi
dengan orang yang ahli
c. Kajian
teori, konsep dan kebijakan public
d. Dari
diri sendiri mengamati dengan panca indera.
Menemukan masalah
1. Masalah
adalah kesenjangan antara dass sain dan dass sollen, sesuatu yang harus
dicarikan jalan keluar
2. Maslah
dalam ilmu sosial merupakan tanggung jawab human sosial untuk mencari solusi
buat penelitian
3. Penelitian
harus sistematis, berencana dan konsep ilmiah
Jenis masalah
1. Problem
untuk mengetahui status, mendeskribsikan fenomena (penelitian deskriptif)
2. Problem
untuk membandingkan fenomena untuk mencari 2 fenomena atau lebih (fenomena
komparasi).
3. Problema
untuk mencari 2 hubungan antara 2 fenomena (penelitian korelasi)
Proposal skripsi
1. Judul
2. Latar
belakang
3. Indentifikasi
masalah
4. Batasan
masalahkantor
5. Rumusan
masalah
6. Tinjauan
pustaka/kerangka teori
7. Hipotesis
penelitian
8. Metode
penelitian
Judul
ü Mencerminkan
masalah, variable dan objek yang diteliti serta desain penelitian yang dipakai.
Contoh :
Analisis Perbedaan Kepuasan Kerja Pegawai Pada
Kantor BUMN PT Telkom
Konsep yang mengandung proses
Nilai (variabel)
1. Identifikasi
masalah
a. Mencari
masalah-masalah yang dapat dicarikan jawabanya melalui penelitian
b. Bertumpu
pada masalah pokok yang tercermin pada bagian latar belakang masalah.
c. Biasanya
atau umumnya disajikan dalam bentuk kalimat tanya.
2. Batasan
masalah
Batasan masalah merupakan latar belakang yang ada
pada peneliti dimana dapat masalah-masalah yang telah diidentifikasi tidak
dapat diteliti semua.
3. Tinjauan
pustaka
a. Studi
yang dilakukan untuk menguasai teori yang relevan dengan topik atau masalah
penelitian rencana modal analisis nyang akan dipakai.
b. Untuk
mengetahui hal-hal apa saja yang sudah pernah diteliti dan yang belum, sehingga
tidak terjadi duplikasi penelitian.
4. Kerangka
penelitian (alur pikir)
a. Dibuat
dalam suatu skema sehingga isi penelitian secara keseluruhan diketahui dengan
jelas, mulai dari mekanisme ketersediaan data, pengolahan dan penyajianya.
b. Merupakan
penjabaran dari tinjauan pustaka
c. Berdasarkan
uraian kepustakaan tersebut, maka penelitian memilih dan menggunakan teori atas
konsep yang paling sesuai dan berkaitan untuk digunakan dalam pemecahan masalah
penelitian.
5. Mengumpulkan
data
a. Data
merupakan bahan buku informasi yang sangat penting dalam melakukan penelitian
b. Dalam
melakukan pengumpulan data harus menggunakan teknik-teknik yang tepat
c. Jika
mengumpulkan data dilakukan dengan cara yang salah maka akan mengakibatkan
informasi menjadi salah, sehingga hasil penelitianyapun tidak dapat
dipertanggungjawabkan.
Menganalisis
dan menginterprestasikan data
1. Setelah
data diolah, kemudian informasi hasil olahan dianalisis lebih lanjut dengan
menggunakan alat-alat analisis yang sesuai dengan tujuan riset agar
menghasilkan kajian yang cukup tajam, mendalam dan luas.
2. Alat-alat
analisis kuantitatif maupun kualitatif dapat dipilih sesuai dengan bidangnya,
tujuan penelitianya.
Kesimpulan dan
rekomendasi (saran)
Selanjutnya peneliti membuat generalisasi
(kesimpulan umum) berdasarkan batasan-batasan penelitian yang ada dan sesuai
dengan hipotesis yang diajukan. Menyajikan saran, karena penelitian
keterbatasan-keterbatasan atau asumsi-asumsi.
Kualitatif vs
kuantitatif
1. Kualitatif
dan kuantitatif berkaitan data dan pengumpulan data.
2. Penelitian
kuantitatif = mulai dari menyisihkan dan menentukan variabel yang terkait
dengan hipotesis yang ada sebelum data yang dikumpulkan dan diuji, kemudian
mengubah defenisi, proses induksi evamoratif (induksi yang ditarik atas dasar
penghitungan).
Tugas Individu
Resume Materi Metode Penelitian Sosial
Oleh M. Bukhari
NIM : E01110006
PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2012
Best casinos in 2021 - Dr.MD
BalasHapus› gaming › casino › gaming › casino Mar 29, 2021 — 서귀포 출장마사지 Mar 순천 출장마사지 29, 2021 Best Casino in 2021. The casino has an awesome welcome bonus offer and excellent 강릉 출장안마 customer support. Find the best online 남원 출장안마 casinos offering 김제 출장마사지