Rabu, 09 Januari 2013

Contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.                   Identitas Mata Pelajaran
Satuan pendidikan       : SMP…………………...
Kelas   : VII
Semester                                   : I
Program/prog. Keahlian: -
Mata Pelajaran                          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Jumlah pertemuan                    : 1 kali

II.                Standar Kompetensi:
3.      Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
III.             Kompetensi Dasar   :
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan  (dapat menemukan bahwa manusia adalah makhluk sosial dan ekonomi yang dalam memenuhi kebutuhannya selalu berhubungan dengan manusia lainnya dan karena itu harus menjaga prinsip-prinsip moral) .
IV.             Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Mengelompokkan bermacam-macam kegiatan orang
2.      Menyebutkan alasan-alasan orang melakukan kegiatan
3.      Membedakan antara kegiatan sosial dan    ekonomi
4.      Menjelaskan faktor yang berpengaruh pada jenis pekerjaan seseorang  

V.                Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah mengamati gambar, peserta didik dapat mengelompokkan bermacam-macam kegiatan orang
2.      Setelah melakukan diskusi, peserta didik dapat menyebutkanalasan-alasan orang melakukan kegiatan
3.      Setelah melakukan diskusi, peserta didik dapat membedakanantara kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi
4.      Setelah     melakukan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor  yang berpengaruh pada jenis pekerjaan seseorang.  

Dampak Pengiring:
Setelah mempelajari bermacam-macam kegiatan orang, alas an orang melakukan kegiatan, membedakan antara kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi, serta faktor-faktor yang berpengaruh pada jenis pekerjaan diharapkan meningkatnya sikap sosial, dan empati.

VI.             Materi Ajar : (Uraian Lengkap Terlampir)
1.      Mengelompokkan bermacam-macam kegiatan orang
2.      Alasan-alasan orang melakukan kegiatan
3.      Perbedaan antara kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi
4.      Faktor-faktor  yang berpengaruh pada jenis pekerjaan seseorang.  


VII.          Alokasi Waktu : 2 X 40 menit

VIII.       Metode dan Media Pembelajaran
a.       Metode pembelajaran
Metode diskusi terpimpin (guided discovery).
b.      Media pembelajaran:
Media gambar

IX.             Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1.   Mengucapkan salam
2.   Berdo’a
3.   Memeriksa kehadiran siswa
4.   Apersepsi: mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Misalnya mengajukan pertanyaan-pertanyaan Catat disini apa pertanyaannya.
5.   Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapaai
6.   Memotivasi siswa

Kegiatan Inti (60 menit)
a.      Eksplorasi  (.......menit)
1)      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan melakukan pencarian informasi dari berbagai sumber belajar.
2)      siswa diminta pendidik untuk mengamati gambar dan meminta mereka mencatat bermacam kegiatan orang di dalam gambar tersebut.
3)      Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar serta media yang disediakan guru
b.      Elaborasi (........menit)
1)      Guru meminta peserta didik membaca dan menulis inti sari dari hasil temuannya dalam membaca buku dan pengamatan gambar
2)      Memfasilitasi peserta didik melakukan diskusi:     (ini jika kita metode diskusi).
a)      Membentuk kelompok
b)      Membagikan permasalahan yang akan didiskusikan
c)      Meminta siswa melakukan diskusi kelompok
d)     Melakukan monitoring pelaksanaan diskusi kelompok
3)      Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
4)      Memfasilitasi peserta didik mebuat laporan.
5)      Memfasilitasi peserta didik menyajikan hasil kerja kelompok
c.       Konfirmasi (........menit)
1)      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan(verbal), tulisan, dan nonverbal.
2)      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3)      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakana dalam mencapai kompetensi dasar:
a)      Guru berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertnyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan
b)      Guru membantu menyelesaikan masalah
c)      Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
d)     Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
Kegiatan penutup (10 menit)
a.       Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran
b.      Melukukan penilaian
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.      Merencanaakan kegiatan tindak lanjut: memberikan tugas individual kepada siswa.
X.                Penilaian hasil belajar
Tehnik penilaian                                                       : 1.penilaian proses
              2.penilaian hasil
Jenis Tes                                                                   : Tertulis
Bentuk tes                                                                : uraian
Butir-butir tes                                                          : terlampir
Kunci jawaban dan pedoman penskoran     : terlampir

XI.             Sumber Pembelajaran
Sutarto, dkk. (2008). Buku IPS untuk SMP/Mts kelas VII karangan Sutarto dkk, Jakarta : Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas.

           
Pontianak, ......................
Mengetahui:                                                    Guru Mata Pelajaran,
Kepala sekolah,                                              


            (....................................)                                  (....................................)



METODE PENELITIAN SOSIAL (MPS)

Penelitian (research)
1.      Riset sosial pada hakikatnya Spionase. Untuk mencari atau memata-matai dan menemukan pengetahuan dari lapangan yang dpat dipertanggungjawabkan menuru tkaedah tertentu. Harus dilakukan menurut metode tertentu agar gejala yang diteliti dan data yang diperoleh benar-benar cermat. Berketerandalan (Reliable) dan Shahih (Valid).
2.      Metode adalah suatu cara kerja untuk dapat memahami objek yang  menjadi sasaran ilmu Ysb. Ilmu sosial perlu metode karena fakta sosial harus dipahami, diamati, dengan fakta-fakta lain yang relefan, agar bermakna.
Metode penelitian sosial.
1.      MPS adalah pelajaran tentang masyarakat yang bersifat empiris dengan mempergunakan prosedur dan metode yang bersifat ilmiah
2.      MPS adalah suatu ilmu yang melakukan kegiatan pengumpulan, penguraian, pengelolaan dan penyajian data yang dilakukan secara berencana dan teratur, untuk memecahkan suatu masalah sosial.
3.      Memecahkan masalah berarti berupaya mencari soslusi terhadap masalah yang menjadi pertanyaan masyarakat.
Ciri-ciri berfikir ilmiah
1.      Sistematik merupakan ilmu yang dilihat sebagai suatu system yang utuh.
2.      Relatif merupakan kebenaran ilmiah, tidaklah absolute (mutlak).
3.      Koheren merupakan dengan pengertian runtut.
4.      Heuristik, terbuka, siap untuk di uji.
5.      Kausal, saling berhubungan dan sebagai penyebab.
6.      Netral, atau tidak emosional, karena harus bebas nilai.
Bentuk-bentuk berfikir ilmiah
1.      Proses berfikir adalah, proses makro yang sangat luas dan kompleks, baik dengan mempergunakan akal murni dan akal praktis.
2.      Pola umum berfikir ada 4 :
a.       Diskusi, suatu proses berfikir mempergunakan premis-premis khusus.
b.      Induksi, proses berfikir dengan mempergunakan premis-premis khusus kemudian menuju permis umum.
c.       Analogis, adalah proses berfikir yang dilakukan pada seorang yang maenyatakan bahwa dunia terdapat hal-hal yang memiliki sifat kemiripan satu sama lain (similarity).
d.      Comparatif atau proses berfikir yang dilakukan seorang dimana segala pengalamannya dibandingkan dengan pengalaman sebelumnya.
Sumber masalah
1.      Masalah diketahui dari :
a.       Penyimpangan = pengalaman dengan kenyataan
b.      Penyimpangan = apa yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan
c.       Ada pengaduan (masalah pelayanan)
d.      Ada kompetisi (masalah pelayanan, komunikasi)
2.      Sumber masalah
a.       Membaca laporan penelitian
b.      Diskusi dengan orang yang ahli
c.       Kajian teori, konsep dan kebijakan public
d.      Dari diri sendiri mengamati dengan panca indera.
Menemukan masalah
1.      Masalah adalah kesenjangan antara dass sain dan dass sollen, sesuatu yang harus dicarikan jalan keluar
2.      Maslah dalam ilmu sosial merupakan tanggung jawab human sosial untuk mencari solusi buat penelitian
3.      Penelitian harus sistematis, berencana dan konsep ilmiah
Jenis masalah
1.      Problem untuk mengetahui status, mendeskribsikan fenomena (penelitian deskriptif)
2.      Problem untuk membandingkan fenomena untuk mencari 2 fenomena atau lebih (fenomena komparasi).
3.      Problema untuk mencari 2 hubungan antara 2 fenomena (penelitian korelasi)
Proposal skripsi
1.      Judul
2.      Latar belakang
3.      Indentifikasi masalah
4.      Batasan masalahkantor
5.      Rumusan masalah
6.      Tinjauan pustaka/kerangka teori
7.      Hipotesis penelitian
8.      Metode penelitian
Judul
ü  Mencerminkan masalah, variable dan objek yang diteliti serta desain penelitian yang dipakai.
Contoh :
Analisis Perbedaan Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BUMN PT Telkom
Konsep yang mengandung proses Nilai (variabel)
1.      Identifikasi masalah
a.       Mencari masalah-masalah yang dapat dicarikan jawabanya melalui penelitian
b.      Bertumpu pada masalah pokok yang tercermin pada bagian latar belakang masalah.
c.       Biasanya atau umumnya disajikan dalam bentuk kalimat tanya.
2.      Batasan masalah
Batasan masalah merupakan latar belakang yang ada pada peneliti dimana dapat masalah-masalah yang telah diidentifikasi tidak dapat diteliti semua.
3.      Tinjauan pustaka
a.       Studi yang dilakukan untuk menguasai teori yang relevan dengan topik atau masalah penelitian rencana modal analisis nyang akan dipakai.
b.      Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah pernah diteliti dan yang belum, sehingga tidak terjadi duplikasi penelitian.
4.      Kerangka penelitian (alur pikir)
a.       Dibuat dalam suatu skema sehingga isi penelitian secara keseluruhan diketahui dengan jelas, mulai dari mekanisme ketersediaan data, pengolahan dan penyajianya.
b.      Merupakan penjabaran dari tinjauan pustaka
c.       Berdasarkan uraian kepustakaan tersebut, maka penelitian memilih dan menggunakan teori atas konsep yang paling sesuai dan berkaitan untuk digunakan dalam pemecahan masalah penelitian.
5.      Mengumpulkan data
a.       Data merupakan bahan buku informasi yang sangat penting dalam melakukan penelitian
b.      Dalam melakukan pengumpulan data harus menggunakan teknik-teknik yang tepat
c.       Jika mengumpulkan data dilakukan dengan cara yang salah maka akan mengakibatkan informasi menjadi salah, sehingga hasil penelitianyapun tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Menganalisis dan menginterprestasikan data
1.      Setelah data diolah, kemudian informasi hasil olahan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan alat-alat analisis yang sesuai dengan tujuan riset agar menghasilkan kajian yang cukup tajam, mendalam dan luas.
2.      Alat-alat analisis kuantitatif maupun kualitatif dapat dipilih sesuai dengan bidangnya, tujuan penelitianya.
Kesimpulan dan rekomendasi (saran)
Selanjutnya peneliti membuat generalisasi (kesimpulan umum) berdasarkan batasan-batasan penelitian yang ada dan sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Menyajikan saran, karena penelitian keterbatasan-keterbatasan atau asumsi-asumsi.
Kualitatif vs kuantitatif
1.      Kualitatif dan kuantitatif berkaitan data dan pengumpulan data.
2.      Penelitian kuantitatif = mulai dari menyisihkan dan menentukan variabel yang terkait dengan hipotesis yang ada sebelum data yang dikumpulkan dan diuji, kemudian mengubah defenisi, proses induksi evamoratif (induksi yang ditarik atas dasar penghitungan).



Tugas Individu
Resume Materi Metode Penelitian Sosial


Oleh M. Bukhari
NIM : E01110006




index.jpg


PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2012

1 komentar:

  1. Best casinos in 2021 - Dr.MD
    › gaming › casino › gaming › casino Mar 29, 2021 — 서귀포 출장마사지 Mar 순천 출장마사지 29, 2021 Best Casino in 2021. The casino has an awesome welcome bonus offer and excellent 강릉 출장안마 customer support. Find the best online 남원 출장안마 casinos offering 김제 출장마사지

    BalasHapus